Senin, 06 Februari 2012

Leader ato Manager?

Leader     = pemimpin
Manager  = pengatur/pengelola

dua sosok teesebut sepertinya sangat berhubungan erat, gak percaya???
mari kita bahas bersama....



Kita bicarakan tentang sebuah organisasi (yang pasti bukan hanya organisasi politik, organisasi mahasiswa, ato apalah, yang perting organisasi=perkumpulan=perusahaan.... hehehhe)
secara kedudukan mungkin yng terringgi adalah -> Leader. Manager berada di posisi sedikit di bawahnya.
tapi keduanya sangat erat hubungannya (seperti kabel dan colokannnya). Tidak bisa dipisah satu persatu, sebuah organisasi/perusahaan tidak bisa hanya memiliki seorang leader yang menjadi tonggak pergerakannya, atau hany seorang manager.

Bayangkan saja, misalkan organisasi tersebut hanya memiliki seorang leader. Yang ada, organisasi tersebut hanya akan berpandangan ke depan terus, tanpa ada yang mengatur bagaimana pergerakan organisasi tersebut. Karena apa? Apa karena pemimpinnya tidak bisa mengatur?
jawabannya bukan, pemimpin tidak mengambil alih semuanya karena memang semuanya jangan si pusatkan semuanya pada seorang pemimpin. Coba bayangkan saja, kalo semuanya di bebankan pada pemimpin, pasti amanah yang diberikan padanya akan  terasa sangat berat. (gak perlu ditanyakan ke dia, cukup kita mencoba memposisikan diri sebagai pemimpin aja). Meskipun, seorang pemimpin tulus ikhlas 100 % menjalaninya, apa kita tetap tega padanya?

Maka dari itu, kehadiran seorang manager sangat dibutuhkan, perannya sangat dibutuhkan oleh pemimpinnya dan organisasinya. Dia akan berperan untuk mengcover dan mengatur bagaimana organisasi ini bergerak.

Jadi pergerakan organisasi akan seimbang, leader akan mengarahkannya ke depan, disertai manager yang akan mengatur pergerakan internal di dalam organisasi.

Mungkin sebagai analogi, bisa menganalogikan seperti supir dan kernetnya, supir sebagai pemimpin, kernet sebagai manager, dan trukny sebgai organisasi. Supir berperan menjalankan truknya agar truk terus melaju, dan bagaimana kondisi truknya itu menjadi hal yang dipegang oleh kernet.

So, bulid your relationship.... ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar di sini